Manfaat Genset Berdasarkan Jenisnya

Kita semua pastinya pernah berada di situasi saat listrik padam. Yah, kebanyakan pemadaman listrik ini dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Tentu dengan padamnya listrik ini dapat mempengaruhi kinerja dan pendapatan seseorang dalam hitungan hari bahkan jam. Dengan keadaan yang seperti ini, maka berbagai pihak terutama pengusaha menggunakan alternatif lain agar resiko kerugian tidak mendatangi mereka. Alternatif dengan menggunakan gensetlah yang menjadi pilihan sebagai solusi dari pemadaman listrik.

Ada beberapa jenis genset yang biasa digunakan oleh masyarakat, termasuk manfaat masing-masingnya seperti berikut :

genset

1. Genset Diesel

Genset mesin diesel ini sering disebut juga memiliki fungsi sebagai mesin pembangkit listrik. Mesin ini banyak digunakan oleh banyak orang, karena mempunyai kapasitas atau daya yang cukup besar. Untuk kapasitas output sangat bervariasi mulai dari 5 Kw atau 5000 Watt sampai dengan 2 MV atau 2.000.000 Watt.

Dari berbagai jenis generator, generator diesel-lah yang paling populer di lingkungan komersial. Mesin diesel ini bekerja dengan prinsip kombinasi antara mesin pembakaran diesel dengan sebuah generator listrik.

Manfaat Genset diesel antara lain:

  1. Genset rumah tangga – Pada tempat-tempat yang tidak bisa diprediksi keadaan power supplynya. Genset diesel dapat dipakai untuk menyediakan listrik untuk non industri seperti tempat kerja. Bahkan, arus listrik dapat disuplai saat terjadi pemadaman listrik karena kegagalan jaringan ataupun bencana alam.
  2. Hidup tahan lama – Genset diesel memiliki cadangan yang mampu hidup lebih lama dibandingkan dengan generator bertenaga. Hal ini terjadi karena mesin diesel memiliki desain yang lebih baik dari mesin gas.
  3. Memiliki torsi – Torsi adalah sesuatu yang dapat memasok listrik untuk menjalankan generator. Cadangan yang terdapat pada generator diesel ini, dapat digunakan untuk keperluan kritis seperti rumah sakit karena jumlahnya yang besar.
  4. Hanya sedikit perawatan – Mesin genset diesel ini adalah mesin kompresi, maka mesin ini hanya memerlukan perawatan yang tidak banyak. Hal ini juga terjadi karena tidak adanya kabel busi yang biasanya untuk mesin gas diganti secara berkala.

Dari semua manfaat yang didapat dari genset diesel, adapula kerugian yang didapat. Kerugian itu diantaranya:

  • Suara yang bising
  • Mesin sangat besar, sehingga menjadi berat karena harus mampu menahan kompresi getaran
  • Penghidupan awal yang juga berat, karena kompresi yang tinggi
  • Semakin besar daya, maka dimensi mesin diesel akan makin besar
  • Konsumsi bahan bakar dengan jenis minyak relatif mahal, dibanding pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar seperti gas dan batu

 

2. Genset Portabel

Genset ini merupakan genset yang khusus digunakan untuk outdoor. Biasanya generator portabel ini digunakan untuk konser musik bahkan perkemahan di mana untuk kegiatan tersebut membutuhkan energi listrik yang besar sebagai penerangan.

Adapun manfaat genset portable antara lain:

  1. Ringan dan mudah dipindahkan kemana saja menjadikannya menjadi lebih fleksibel.
  2. Generator portabel tersedia dalam berbagai profil dan ukuran dan dengan output daya yang bervariasi.
  3. Mudah untuk di isi ulang, tenang dan dapat diandalkan.
  4. Tidak memerlukan ruang penyimpanan tambahan.
  5. Ramah lingkungan, karena jenis ini tidak memancarkan asap beracun.

Sebelum membeli atau menyewa genset portable sebaiknya kita perlu mengetahui seberapa besar tenaga yang dibutuhkan, jika keadaan darurat itu datang. Pertama-tama kita harus menghitung alat apa saja yang akan dinyalakan misalkan total tenaga yang dibutuhkan sebesar 1500 watt. Ada baiknya jika memilih untuk membeli atau menyewa genset portable dengan tenaga 2000 watt untuk berjaga-jaga, agar tidak terjadi kelebihan beban.

3. Genset Solar

Generator solar ini banyak dijumpai di atas rumah dengan penempatannya, yang di tambahkan dengan solar panel. Genset ini digunakan untuk membantu dalam pengoperasian peralatan yang membutuhkan daya listrik yang sangat tinggi. Selain itu, penggunaan genset solar juga bisa digunakan pada sistem AC. Namun dalam penggunaan nya, genset jenis ini juga dapat digunakan sebagai tenaga listrik cadangan untuk tempat-tempat komersil, seperti pameran, konser music, dan lainnya.

Adapun manfaat genset solar :

  1. Memberikan rasa aman saat digunakan – Rasa aman sebab genset tidak memiliki busi. Selain itu, selama pencegahan keamanan dan keselamatan dapat terpenuhi serta tidak ada penyalahgunaan langsung, genset juga aman digunakan. Untuk itu, genset sebaiknya diletakkan di luar ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebab genset mengeluarkan asap karbon dioksida yang dapat mengakibatkan kematian.
  2. Penggunaan genset berjam-jam – Genset dapat berfungsi dengan baik bahkan lebih awet jika genset tersebut rajin kita bersihkan dan dijaga agar jauh dari debu maupun kotoran lainnya.
  3. Bahan bakar murah – Bahan bakar mudah ditemui dan terjangkau yaitu solar.

 

4. Genset Gas

Untuk jenis genset gas ini, sudah pasti menggunakan gas sebagai bahan bakar. Gas yang digunakan untuk genset ini adalah gas hasil olahan dari gas bumi baik yang di olah sebagai LPG atau CNG. Genset gas ini sendiri sudah banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga dan digunakan ketika mati lampu terjadi.

5. Genset Urine

Genset jenis ini merupakan penemuan dari 4 orang pelajar asal negara Afrika. Para pelajar ini melakukan penelitian dengan menggunakan 1 liter air urine. Dan percobaan tersebut berhasil menyalakan sebuah genset untuk pengadaan listrik hampir selama 6 jam.

Daftar Pustaka

http://manfaat.co.id/manfaat-genset-berdasarkan-jenisnya

You may also like...